• PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Beasiswa

PANDUAN PENERIMA MAHASISWA BARU JALUR BEASISWA TAHUN AKADEMIK 2023/2024

PENGELOLAAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Penerimaan mahasiswa baru pada Institut Teknologi dan Bisnis Pelita Raya dilaksanakan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) Tahun Akademik. Sistem penerimaan mahasiswa baru pada Institut Teknologi dan Bisnis Pelita Raya melalui satu jalur yaitu Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang dilaksanakan melalui beberapa jalur penerimaan.

Panitia PMB kemudian menyusun program-program kegiatan PMB. Kegiatan yang dilakukan meliputi layanan informasi PMB, pendaftaran mahasiswa baru, menyelenggarakan ujian masuk berbasis CBT (Computer Based Test) dan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru. Layanan informasi yang diberikan meliputi informasi pendaftaran, informasi program studi, biaya kuliah dan jadwal kegiatan PMB. Penyebaran informasi PMB dilakukan melalui brosur, media cetak, media elektronik, website. Alur Penerimaan Mahasiswa Baru bisa dilihat di link berikut : ALUR PMB

Untuk Jalur Beasiswa, Institut Teknologi dan Bisnis Pelita Raya memberikan 2 (dua) jenis beasiswa yaitu Beasiswa bagi personal yang kurang mampu dalam segi ekonomi dan Beasiswa bagi yang memiliki prestasi akademik. Info lebih lanjut tentang beasiswa ini, silahkan langsung mengunjungi Kampus Pelita Raya.

PERSYARATAN DAN PENDAFTARAN

Persyaratan pendaftaran calon mahasiswa baru JALUR BEASISWA berikut :

  1. Surat Tanda Tamat Belajar Pendidikan menengah atas (bagi yang telah lulus dari pendidkan menengah atas) atau Surat Keterangan Aktif (jika masih aktif di kelas XII) atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah (jika belum menerima Ijazah);
  2. Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.
  3. Pas foto 3x4 dan 4x6 sebanyak 2 lembar.
  4. Surat Keterangan Tidak Mampu bagi pendaftar Beasiswa Kurang Mampu.
  5. Raport yang menunjukkan siswa berprestasi 10 besar di kelas dari kelas X s.d XII

PROSEDUR PENDAFTARAN

Prosedur penerimaan mahasiswa baru mengikuti manual prosedur yang telah di tetapkan, yaitu mahasiswa melakukan pendaftaran, mengikuti ujian masuk berbasis CBT (Computer Based Test) dan pengumuman hasil ujian masuk. Pengumuman hasil ujian masuk dilakukan melalui web http://pmb.ipr.ac.id Institut Teknologi dan Bisnis Pelita Raya, adapun prosedur penerimaan mahasiswa baru adalah sebagai berikut :

  1. Calon mahasiswa memperoleh informasi pendaftaran melalui brosur, website, atau penjelasan langsung dari panitia penerimaan mahasiswa
  2. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran secara online di Formulir Pendaftaran
  3. Panitia akan mengirimkan konfirmasi bahwa telah sukses melakukan pendaftaran,
    kemudian mengirimkan kembali informasi berisi akun dan jadwal ujian online kepada
    calon mahasiswa yang bersangkutan.
  4. Calon mahasiswa mengikuti ujian sesuai jadwal yang telah ditentukan. Ujian akan diselenggarakan pada link yang akan diberikan oleh panitia.
  5. Pengumuman hasil seleksi akan dipublikasikan 1 minggu setelah ujian berlangsung.
    Hasil seleksi akan diumumkan di website : pmb.ipr.ac.id
  6. Jika calon mahasiswa dinyatakan lulus maka dapat melanjutkan ke proses Daftar Ulang Mahasiswa Baru. Jadwal Daftar Ulang akan diumumkan pada bulan Agustus-September 2023.

PROSEDUR DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU

Calon mahasiswa yang telah Lulus ujian masuk dapat melakukan pendaftaran ulang mengikuti prosedur berikut:

  1. Melakukan pembayaran cicilan I (pertama) Uang Kuliah Tunggal pada Bank yang ditentukan atau secara langsung ke Institut Teknologi dan Bisnis Pelita Raya.
  2. Menyerahkan formulir registrasi, surat penyataan kesediaan sebagai mahasiswa baru dan bukti pembayaran-pembayaran yang telah dilakukan kepada panitia penerimaan mahasiswa.
  3. Setelah melakukan daftar ulang Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan pengenalan kampus (PKKMB) sesuai jadwal yang telah ditentutkan Pelita Raya Institute.
  4. Mengontrak matakuliah pada tanggal yang telah ditentukan.

Download Surat Pernyataan Calon Mahasiswa

PROGRAM STUDI

Program Studi yang ada di Institut Teknologi dan Bisnis Pelita Raya

No.

Nama Program Studi

1.

Ilmu Komputer

2.

Rekayasa Perangkat Lunak

3.

Bisnis Digital

 

UJIAN CBT

Ujian CBT ini dimaksudkan untuk menyeleksi serta mengukur kemampuan dasar calon mahasiswa. Link Ujian CBT : Link akan diberikan oleh panitia.

  1. Materi Test

Materi yang diujikan dalam PMB adalah kemampuan Akademik Dasar. Materi yang ujian terdiri dari Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerikal dan Figural.

  1. Sistem Penentuan kelulusan

Penentuan kelulusan berdasarkan Passing Grade yang ditetapkan berdasarkan rapat penentuan kelulusan calon mahasiswa.

 PENGUNDURAN DIRI

  1. Calon mahasiswa yang mengundurkan diri sebelum kegiatan akademik/kegiatan kemahasiswaan/kegiatan perkuliahan di mulai akan menerima kembali biaya uang setelah di potong dari total biaya yang telah dibayarkan. Biaya pemotongan ditentukan kemudian hari oleh ketentuan Yayasan Pelita Raya.
  2. Jika kegiatan akademik/kegiatan kemahasiswaan/kegiatan perkuliahan telah dimulai maka biaya uang kuliah tidak dapat dikembalikan.